Standar Proposal Wujudkan.com

24woc

 

 

Semua proposal kreasi yang diterima oleh Wujudkan.com akan melalui proses seleksi.

Kenapa?

Pertama, karena Wujudkan.com mengkhususkan diri kepada kreator industri kreatif Indonesia. Sehingga, proposal kreasi yang kreatornya bukan warga negara Indonesia, atau kreasinya tidak termasuk dalam cakupan industri kreatif tidak dapat kami terima.

Kedua, karena crowdfunding adalah sebuah penggalangan dana publik, maka setiap kreasi yang ditampilkan di Wujudkan.com juga harus dapat dipertanggungjawabkan secara publik. Jadi, proposal kreasi yang tidak memberikan kejelasan mengenai apa yang ingin dibuat dan bagaimana rencana membuatnya, tidak bisa kami terima.

Ketiga, ketika menggalang dana melalui crowdfunding, berarti calon pewujud (donatur) kamu bisa jadi belum mengenal siapa kamu dan belum tahu soal kreasi kamu sama sekali. Itulah sebabnya, penting bagi tiap kreator untuk bisa menunjukkan daya tarik dari kreasinya. Daya tarik yang kami maksudkan di sini adalah bagaimana kamu dapat menularkan passion yang kamu miliki kepada calon pewujud, agar mereka juga bersemangat dan percaya terhadap kreasi kamu. Jangan lupa, crowdfunding bukanlah mengais iba atau mengemis, tapi menularkan semangat dan memberikan keyakinan.

 

Sebuah proposal kreasi di Wujudkan akan langsung lolos seleksi apabila memenuhi persyaratan di bawah ini:

 

1. Kreasi Menarik

  • Tujuan kreasi adalah membuat sebuah produk.
  • Produk berupa barang, jasa atau event.
  • Dana yang terkumpul digunakan untuk membuat produk.
  • Memiliki target dana yang masuk akal, sesuai dengan jenis dan skala kreasi
  • Memiliki rencana untuk jadwal pelaksanaan yang jelas dan masuk akal
  • Memiliki rencana penggunaan dana yang transparan. Rencana penggunaan dana harus jelas-jelas menunjukkan bahwa dana yang dikumpulkan hanya digunakan untuk membuat produk, dan bukan untuk hal lainnya.

 

2. Halaman Kreasi yang Meyakinkan

  • Deskripsi kreasi harus jujur dan transparan. Seluruh elemen 5W+1H (What, When, Where, Who, Why + How) dapat langsung terjawab dengan jelas di deskripsi yang disampaikan.
  • Deskripsi kreasi ditulis dengan singkat, padat, namun jelas. Menggunakan istilah yang umum sehingga mudah dimengerti orang banyak. Kami di Wujudkan.com dapat langsung memahami apa produk yang akan dibuat dari paragraf pertama.
  • Memiliki video yang menarik. Video berupa “pitch”, dalam arti kreator menjelaskan ke kamera apa yang mau ia buat dan mengapa kreasi ini penting untuk diwujudkan. Menambahkan visual kreatif selain wajah kreator yang berbicara akan membuat video lebih menarik.
  • Dilengkapi dengan image/foto yang mendukung deskripsi kreasi. Terutama apabila kreasi berkaitan dengan produksi dan distribusi sebuah produk, maka harus dilengkapi dengan rencana desain produk. Image/foto juga dapat berupa image/foto dari reward yang ditawarkan.
  • Memiliki profil kreator yang meyakinkan: mengapa kreator adalah orang yang tepat untuk mengerjakan kreasi, apa latar belakang kreator (terutama di bidang yang sama atau berkaitan dengan kreasi), dan mengapa kreasi ini penting bagi kreator.

 

3. Paket Reward yang Atraktif

  • Menyediakan paket reward yang terinci dengan baik (nominal tertentu mendapatkan reward tertentu)
  • Memberikan nominal yang menarik untuk tiap paket reward
  • Reward BUKAN berupa saham, insentif atau bagi hasil
  • Reward dapat berupa: produk yang dihasilkan kreasi (termasuk laporan kegiatan, apabila proyeknya berupa event), kesempatan eksklusif untuk terlibat dalam kreasi atau memorabilia pelaksanaan kreasi

 

Kami harap standar proposal ini cukup jelas, dan dapat membantu teman-teman kreator dalam mengisi formulir proposal ke Wujudkan.com

Kami tunggu proposal kreasinya, ya! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s