Kolaborasi Untuk Karya

Salah satu manfaat utama dari perkembangan teknologi adalah memudahkan komunikasi. Berkat teknologi, semakin mudah untuk berbagi pikiran dan gagasan kita kepada orang lain. Bahkan kepada orang yang tidak kita kenal sekalipun. Berkat teknologi pula kita dengan mudah bisa menemukan orang-orang yang memiliki ketertarikan atau kesukaan yang sama terhadap sesuatu. Salah satu manfaat bertemu (walaupun secara virtual) dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama adalah banyaknya peluang baru untuk berkolaborasi dengan mereka.

Hasil dari kolaborasi adalah karya yang lebih ‘kaya’. Tidak hanya dihasilkan oleh satu orang atau satu kelompok, sebuah karya kolaborasi adalah hasil kerja banyak orang, atau banyak kelompok. Tentu harapannya adalah ide yang muncul lebih banyak karena lebih banyak pihak yang ikut memikirkan proses pengembangan karya tersebut.

Jika Anda memiliki ide untuk membuat sebuah karya, Anda tidak perlu melakukan semuanya sendiri untuk menghasilkan karya tersebut. Cobalah memikirkan sumber daya apa saja yang diperlukan supaya proyek Anda bisa terwujud. Sumber daya yang dibutuhkan bisa berupa ide atau pikiran (mungkin tambahan ide untuk mempertajam ide awal Anda). Gunakanlah media sosial untuk mencari orang yang tertarik untuk berkolaborasi dan menyumbangkan ide dan pikirannya. Media sosial mempermudah kita untuk berkenalan dengan orang baru dan berbagi ide.

Sumber daya berikut yang mungkin Anda butuhkan adalah skill tertentu. Karena tidak mungkin kita mengerjakan semuanya sendiri. Kembangkanlah network Anda untuk mulai mengenal orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda dengan Anda. Semakin luas jaringan kita, semakin mempermudah saat kita butuh bantuan untuk mengerjakan sebuah proyek dan menghasilkan karya.

Beberapa proyek membutuhkan dana untuk bisa diwujudkan. Tetapi dengan spirit kolaborasi, terkadang dana yang dibutuhkan bisa diminimalisir. Contohnya, jika membutuhkan kendaraan untuk mendukung sebuah kegiatan, kita bisa mencari dana untuk menyewa kendaraan tersebut, atau mencari teman yang memiliki kendaraan yang bisa dipinjamkan.

Jika memang dana yang dibutuhkan dan tidak bisa digantikan, tentunya metode crowdfunding melalui wujudkan.com menjadi salah satu pilihan. Tentu sebelum memulai penggalangan dana (funding), Anda harus membangun dahulu crowd Anda, seperti yang dibicarakan di artikel ini: Temukan Crowd-mu.

Selamat berkolaborasi dan berkarya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s