Berapa Target Dana yang Dapat Terwujud?

 

Saat membuat proposal untuk sebuah Kreasi, tentu saja salah satu pertanyaan yang muncul adalah, berapa target yang harus dibuat agar Kreasi ini dapat sukses Terwujud. Apakah sang Kreator harus memasang target dana sebesar-besarnya, atau justru seminim mungkin agar dapat cepat Terwujud?

Ada berbagai kisah kampanye Kreasi yang akhirnya sukses Terwujud di Wujudkan.com. Jenis Kreasinya bermacam-macam, dan serunya lagi, target dana mereka pun tidak kalah variatif. Bagaimana dengan jumlah dana yang mereka dapat saat sudah Terwujud? Mari kita bahas sedikit.

Salah satu Kreasi yang berhasil Terwujud di Wujudkan.com adalah Atambua 39 Derajat Celcius. Sebuah film layar lebar karya produser Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza. Kreasi ini memasang target dana yang terbilang besar, yaitu 300 juta rupiah! Namun dengan muatan Kreasi yang menarik dan kampanye yang konsisten, Kreasi ini berhasil Terwujud dengan dukungan dari 102 Pewujud. Jumlah dana terkumpul di akhir masa kampanye justru sedikit melebihi target dana mereka, yaitu sekitar 312 juta rupiah.

Ada lagi Kreasi Ekspedisi Literasi Papua – Sokola. Dengan misi memberantas penduduk buta huruf di daerah Papua, Kreasi ini berhasil Terwujud dengan jumlah dana mencapai 156 juta rupiah, sedikit melebihi target dana mereka di angka 145 juta rupiah.

Jadi, apakah sebuah Kreasi harus mematok target dana yang tinggi agar dapat Terwujud? Belum tentu. Mari lihat kisah lainya yang justru Terwujud saat mereka memasang target dana yang jauh lebih kecil.

Paling tidak ada dua Kreasi, yaitu Surat Untuk Adik dan #INKUBUKU, yang berhasil Terwujud dengan target dana di bawah 2 juta rupiah. Surat Untuk Adik hanya memasang target dana 639 ribu rupiah dan #INKUBUKU ada di angka 1,2 juta rupiah.

Jadi, target dana yang harus dipasang saat membuat Kreasi tidak melulu harus besar hingga ratusan juta rupiah, dan tidak pula harus sangat kecil hingga hanya berkisar di angka ratusan ribu rupiah. Dari deretan Kreasi yang sudah berhasil Terwujud sampai saat ini, ada hikmah yang dapat selalu diambil.

Buat target dana sesuai dengan Kreasi yang dibuat, dan tidak melenceng dari perencanaan produksi. Kenapa Atambua 39 Derajat Celcius butuh dana hingga 300 juta rupiah? Mungkin karena memang produksi film tersebut menguras dana yang tidak sedikit. Lantas, kenapa #INKUBUKU yang tidak kalah menariknya justru hanya membutuhkan sekitar 1 juta rupiah? Karena memang hanya dana sebesar itu yang mereka butuhkan agar Kreasi tersebut dapat berjalan.

Paham dengan Kreasi yang dibuat, perencanaan produksi dan daftar pengeluaran yang matang, dapat menjadi landasan membuat target dana yang baik. Dengan melakukan dua hal ini, target dana yang dipasang dapat terasa lebih realistis. Karena paduan akan ide Kreasi yang menarik, target dana yang realistis dan penawaran Penghargaan yang  menggoda, ditambah dengan kampanye konsisten yang dilakukan oleh Kreator, dapat menjadi kunci utama sebuah Kreasi Terwujud di Wujudkan.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s