Kreator #BukuGrungeLokal: Kredibilitas Modal Utama

Di balik setiap crowdfunding yang sukses, selalu ada Kreator yang giat banget usaha. Begitu juga dengan Kreasi #BukuGrungeLokal. Di tengah banyaknya komentar-komentar negatif tentang Kreasinya, Eko Prabowo malah makin giat berkampanye dengan terus mengoptimalkan semua akun sosial media yang dia miliki. Hasilnya? Kreasi #BukuGrungeLokal berhasil terwujud dan menggalang dana lebih dari 20 juta rupiah bahkan sebelum waktu kampanye berakhir. Wow!

Melalui wawancara, Mas Eko pun membagi tips-tips ampuh yang dia gunakan selama penggalangan dana kemarin. Yuk disimak!

Halo, Mas Eko! Selamat. ya, atas terwujudnya #BukuGrungeLokal!

“Thanks! Asyik banget akhirnya beneran terwujud.”

Berapa lama, sih, proses bikin konsep, ngajuin proposal, sampai akhirnya bisa mulai menggalang dana?

“Konsep gak terlalu mikir. Ikut panduan dari Wujudkan aja. Yang rada ribet pas bikin video, karena gua emang gak punya. Jadi bikin dari nol. Sekitar sebulan kurang lah persiapan semuanya.”

Kenapa waktu itu kok kepikiran mau dibuat crowdfunding aja #BukuGrungeLokal ini?

“Temen pernah bikin di Wujudkan. Buku juga, tapi gak terwujud. Lalu pernah donasi ke Kickstarter utk Navicula. Konsep crowdfunding gak asing bagi gua.”

Ada gak tips-tips khusus buat yang nanti mau bikin kampanye crowdfunding?

“Berdasarkan pengalaman: pada akhirnya kredibilitas jadi mata uang utama. Ide yang baik dan menarik tidak serta merta bikin orang mau donasi. Bangun kredibilitas dengan cara apa saja, itu yang utama.”

Apa bagian dari kampanye yang menurut Mas Eko penting banget?

“Terus memberitakan ide ini ke publik dan mengabarkan semua perkembangan positifnya seperti donasi yang masuk, progress proyek, pemberitaan terkait proyek kita.”

Wujudkan sendiri apa cukup membantu?

“Sangat membantu. Prosedurnya jelas. Panduan juga lengkap. Respon cepat. Very good job!”

Selama kampanye, pasti ada kendalanya, dong. Apa saja, Mas?

“Bosan. Setiap hari ngomong yang sama. Juga malu. Jualan terus, hahaha… Tapi gua percaya buku ini punya value, jadi ya jalanin aja.”

Kalau soal trik dalam mengoptimalkan sosial media untuk kampanye gimana? Apa ada jam-jam khusus ngetwit?

“Gak ada. Twit seperti sungai. Pesan kita lenyap dalam sekejap. Saya pakai twitter, grup fb, goggle + community, dan e-mail.”

Nah, Mas Eko ini termasuk salah satu Kreator yang paling rajin ngepost blog. Sejauh mana blogpost membantu penggalangan dana?

“Gua senang berbagi. Apalagi hal kreasi dan positif. Gak ngerti juga dampaknya apa. Setidaknya itu tanggung jawab moral ke donatur, semacam laporan progress proyek. Hahaha…”

Seru, ya! bahkan para Pewujud banyak yang sebelumnya gak kenal ya?

“Ya. Dari situ gua merasa bahwa dunia kreatif di negeri ini sebenarnya punya harapan yang lumayan besar. Buku gua aja bisa, apalagi karya kreatif yang lebih gila, kan? Pasti bisa!”

Apa pengalaman paling menarik selama penggalangan dana?

“Gua mulai proyek ini tanpa cita-cita muluk. Di jalan, banyak nyinyir, sinis, dan dukung. Yang gua hitung dukungannya aja. Di dunia yang semakin sinis ini, ternyata ide kreatif bisa dapat dukungan dan mewujud! Bagi gua, itulah pesan terindah di proyek ini. Benar-benar mengubah cara gua memandang hidup m/”

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s