4 Tantangan Membuat Kreasi Film Lewat Crowdfunding

Dalam dunia crowdfunding, ada dua jalan yang akan kamu temui. Pertama, kreasi berhasil terwujud, alias dana yang terkumpul sesuai target. Kedua, gagal terwujud karena dana belum mencapai target hingga waktu yang sudah ditentukan 😦

Nah, untuk kamu yang baru ingin memulai memasukkan kreasi di Wujudkan.com, cermati dulu tantangan yang akan kamu temui dalam proses crowdfunding.

Berpacu dengan Waktu

Inilah musuh terbesar kamu. Kamu sendiri punya jadwal untuk memproduksi film, misalnya syuting harus selesai sebelum musim hujan. Kamu juga deg-deg-an dengan waktu crowdfunding yang kian menipis, tetapi dana belum terkumpul sesuai target.

Tips: Buat jadwal dengan baik. Pastikan waktu yang dibutuhkan untuk crowdfunding tidak mepet saat produksi dan pastikan lama pendanaan cukup untuk mencapai target.

Penghargaan yang Itu-Itu Aja

Ini adalah salah satu bentuk rasa terima kasih kamu kepada Pewujud. Ini juga menjadi faktor terbesar bagi seseorang untuk mendonasikan uangnya. Nah, yang sering terjadi adalah paket yang diberikan kurang unik dan tidak menunjukkan identitas film yang kamu buat.

Tips: Buatlah Penghargaan yang unik dan bisa kamu intip dari kreasi-kreasi yang pernah dibuat dari seluruh dunia.

Diremehkan

Emangnya kamu keripik, banyak remehnya (Itu mah remah). Kembali ke topik, karena kebanyakan orang yang mengikuti proyek crowdfunding film adalah belum terkenal oleh khalayak umum, maka banyak yang menyangsikan film yang kamu buat akan bagus atau sesuai ekspektasi mereka.

Tips: Buatlah halaman kreasi film kamu di Wujudkan.com semenarik mungkin. Post video teaser, foto atau storyboard akan seperti apa film kamu nantinya. Atau, berikan profil singkat orang-orang yang terlibat dalam film kamu seperti yang dilakukan oleh Galang Larope untuk kreasi film Seko.

Malu

Menurut Robert S. Fingerman dari Independent Films Production Consultants, banyak pembuat film yang tidak mau kreasi filmnya seperti proyek pencarian dana. Seperti meminta-minta sumbangan kepada teman lewat Facebook.

Tips: Kamu harus bangga bahwa kamu sedang membuat sebuah karya dan mengajak orang-orang untuk menjadi salah satu bagiannya. Mira Lesmana aja nggak malu kok bikin film Atambua 39° Celsius lewat Wujudkan, masa kamu malu?

Sekarang udah tahu dong tantangan saat membuat kreasi Film lewat crowdfunding gimana dan cara mengatasinya? Sekarang buktikan kalau kamu juga bisa mewujudkan kreasi film kamu di sini!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s