4 Strategi Agar Kreasi Crowdfunding Kamu Sukses

Dalam memanfaatkan crowdfunding, jualan aja nggak cukup. Kamu butuh kreativitas dan strategi yang menarik, agar banyak orang mau mendukung Kreasi kamu. Nah, berikut empat tips yang dirangkum dari berbagai sumber untuk membuat Kreasi yang sukses lewat crowdfunding!

Buatlah Cerita

Inti dari crowdfunding bukan meminta-minta uang pada publik, tetapi berbagi sebuah ide. Menurut Slava Rubin, CEO dari sebuah situs crowdfunding sukses di dunia, “Don’t get stuck telling people why you want the money. You have to explain why the product is interesting and relevant to them”. Jadi, pada saat menulis deskripsi kreasi kamu di Wujudkan atau pada saat mengkampanyekan di sosial media, fokuskan pada hal apa yang ingin kamu wujudkan lewat film/event/buku/produk yang dibuat.  Ajak mereka untuk menjadi salah satu bagian penting di dalamnya. Jika ide kamu kuat dan relevan bagi banyak orang, pasti deh, banyak yang dukung Kreasi kamu terwujud.

Video adalah Kuncinya

Optimalkan fitur di dalam Wujudkan. Salah satunya dengan upload video mengenai kreasi kamu. Menurut riset, kreasi produk dan startup yang menampilkan video dalam halaman crowdfunding-nya, 114% lebih banyak menghasilkan uang daripada yang nggak, lho! Tapi, pastikan video kamu juga sesuai, ya. Misalnya, tampilkan video behind the scene, profil di balik layar atau trailer dan teaser dari Keasi kamu. Jangan lupa, Kreator juga harus bicara di depan kamera agar calon Pewujud percaya bahwa kamu adalah orang yang kredibel. Lebih bagusnya lagi, kalau kamu upload video tentang kreasi-kreasi kamu sebelumnya. Bikin orang semakin yakin kalau kreasi kamu adalah karya yang cemerlang.

Pentingnya Si 30%

Jika cerita adalah yang utama, maka dana adalah selanjutnya. Menurut situs crowdfunding.org, 30% dana dari total yang kamu butuhkan dijamin oleh teman, keluarga dan kerabat. Nah, kalau di awal ¼ dana tersebut sudah tercapai, target yang dibutuhkan pasti tercapai. Tapi, pastikan kamu cerita-cerita ke mereka, kalau kamu lagi membuat Kreasi. Misal, pas lagi arisan keluarga, nongkrong bareng, atau share di grup WhatsApp.

Pamerin ke Dunia

Nah, kalau circle terdekat kamu didekati, saatnya melebarkan sayap kamu ke dunia. Jalan murah meriah yang bisa kamu gunakan adalah lewat sosial media. Twitter kabarnya adalah tempat paling aktif untuk dunia crowdfunding. Kamu bisa membuat akun khusus untuk ini, ataupun menggunakan akun pribadi. Jadi, rajin-rajin deh menceritakan ide kamu di sana dengan cara yang menarik.

Tambah lagi deh ilmu tentang tips memanfaatkan situs crowdfunding dengan baik. Sekarang, buktikan dengan buat Kreasi kamu di Wujudkan!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s