Berbagi Cerita Buat Wujudkan Kreasi Kamu

Crowdfunding memang membantu kamu kumpulkan dana buat merealisasikan Kreasimu. Tapi inti dari crowdfunding bukanlah minta-minta, melainkan berbagi ide dan minat. Kamu perlu membuat para calon Pewujud ikutan bersemangat dengan ide kamu dan ingin ikut mewujudkannya. Nah, biar dapat banyak dukungan, kamu perlu berbagi cerita yang oke tentang Kreasi yang akan kamu kerjakan.

Bagaimana membuatnya? Apa saja yang harus ada di dalam cerita kamu? Berikut beberapa hal yang nggak boleh kamu lewatkan:

Perkenalkan Diri Kamu

Bukan cuma kamu, tetapi juga tim kamu, tentunya. Akan lebih baik kalau kamu punya Kreasi-Kreasi lain yang sudah pernah kamu buat sebelumnya. Dengan menyebutkan semua itu, para calon Pewujud akan lebih percaya kalau kamu memang layak didukung untuk mewujudkan Kreasimu yang selanjutnya.

Ceritakan Kreasi yang Mau Digarap

Ceritakan apa yang sedang kamu kerjakan. Semakin detail, semakin baik. Boleh juga tambahkan sketsa, prototipe, atau teaser tentang Kreasi itu. Yang penting jangan jadi bertele-tele—singkat, tapi jelas dan to the point. Untuk contoh dengan sketsa dan teaser yang oke, kamu bisa lihat cerita tentang Kreasi film pendek Fajar Ramayel yang berjudul Lukisan Nafas.

Ceritakan Apa yang Jadi Inspirasi Kamu

Calon Pewujud akan semakin paham dan tertarik pada ide kamu kalau mereka tahu sejarahnya. Ceritakan bagaimana kamu dapetin ide dari Kreasi kamu dan mengapa Kreasi ini penting untuk diwujudkan. Siapa tahu kamu dan calon Pewujud punya ketertarikan yang sama, dan mereka jadi ikutan me-Wujudkan Kreasimu, deh.

Jelaskan Rencana Kamu

Ide yang menarik pastinya harus dieksekusi dengan baik. Calon Pewujud akan yakin kamu bisa mengeksekusinya kalau mereka tahu kamu punya rencana yang matang. Karena itu, ceritakan rencanamu sejelas mungkin. Plus, sertakan juga timeline Kreasi juga.

Paparkan Rincian Anggaranmu

Berapa banyak sih, dana yang kamu butuhin? Terus, digunakan buat apa saja dananya? Buatlah breakdown yang cukup detail, simpel, dan masuk akal. Ini akan menumbuhkan kepercayaan calon Pewujud bahwa kamu bisa mengelola dana mereka dengan bijaksana. Cerita Charlotte Cynthia tentang film Ondel-Ondel Kreasinya mungkin bisa menginspirasi kamu.

Apa Pentingnya Kreasi kamu?

Ceritakan apa yang membuat kamu semangat untuk me-Wujudkan idemu. Tapi nggak cukup jika Kreasi itu hanya bermanfaat buat kamu saja. Ceritakan juga bagaimana Kreasi itu bisa jadi penting buat orang lain, termasuk para calon Pewujud kamu. Kamu bisa lihat contohnya dari cerita Yu Sing tentang Kreasinya untuk Rumah Uay.

Poin-poin di atas akan membantumu membuat cerita yang nyambung dengan calon pendukung kamu. Silakan coba, dan semoga Kreasi kamu juga bisa terwujud!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s