Bangun Tim yang Solid untuk Kampanye yang Sukses

Bikin crowdfunding kamu berhasil memang butuh kerja keras. Kamu bisa saja mengerjakan semuanya sendiri. Tapi, kerja tim buat kampanye crowdfunding itu bagus banget, lho. Paling nggak, kamu nggak akan sepontang-panting kerja sendiri.

Salah satu crowdfunding platform di Amerika Serikat juga punya data kalau crowdfunding yang dikerjain sama tim kemungkinan berhasilnya nambah 94 %! Bahkan dua orang saja bisa besar banget pengaruhnya ketimbang satu orang.

Nah, gimana caranya bikin tim yang solid? Simak info penting berikut ini.

Bangun tim yang sepaham sama kamu

Yang paling penting buat bikin tim yang solid adalah semuanya sama-sama antusias sama Kreasi kamu dan ingin supaya ide itu terwujud. Cobalah cari anggota tim dari lingkaran pertemanan terdekat dulu. Kalau memungkinkan, kamu juga bisa cari anggota tim yang profesional. Kamu bisa lirik-lirik kontak di jejaring media sosial yang kamu punya. Siapa tahu ada kenalan yang punya background oke untuk kamu rekrut. Dan bisa jadi, juga ada yang punya pengalaman menggarap sesuatu yang serupa dengan Kreasi kamu.

Update terus diskusi di media sosial yang cocok sama Kreasi kamu. Ini bagus untuk tahu perkembangan terbaru di bidang kamu. Siapa tahu kamu bisa dapat inspirasi untuk menyempurnakan ide kamu.

Bikin jaringan yang solid

Jaringan yang luas dan kuat akan bantu bikin tim kamu tambah solid, lho. Bangunlah relasi dengan blogger atau reporter yang punya reputasi. Khususnya yang sama-sama menggeluti bidang kamu. Relasi ini bakal bantu kamu membangun brand, dan akhirnya pengaruh banget ke warna tim yang kamu bikin.

Jangan lupa juga kalau anggota tim kamu pasti punya jaringan pertemanan mereka sendiri. Jadi, mintalah tim kamu untuk mendata semua kontak yang mereka punya, yang berpotensi jadi Pewujud kamu nantinya. Kumpulkan kontak dari akun email, Facebook, Twitter, Path, dan semua media sosial yang kalian pakai.

Jaringan awal yang kamu bangun ini akan jadi basis buat kampanye kamu. Kalaupun nggak semuanya bisa kasih kontribusi dana, kamu tetap bisa minta tolong mereka buat ikut sebarin ide Kreasi yang kamu punya.

Kasih tugas yang cocok ke orang yang tepat

Salah satu keuntungan kerja tim adalah semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua orang juga punya karakter sendiri-sendiri. Ada yang optimis banget, ada yang sebaliknya.

Psikolog Amerika, Martin Seligman, punya teori kalau optimis dan pesimis sama-sama dibutuhkan bagi kerja tim yang bagus, lho. Mereka cocok buat ngerjain tugas yang berbeda-beda.

Orang yang optimis biasanya kreatif dan pintar jaga relasi. Mereka cocok buat bikin konten Kreasi, jadi juru bicara, dan jaga semangat tim. Sementara orang yang pesimis biasanya teliti, perfeksionis, dan realistis. Mereka ini cocok untuk bikin perhitungan biaya dan memantau track kerja kalian.

Jadi, kenali kompetensi dan karakter masing-masing anggota tim sebelum bagi-bagi tugas, ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s