Trik Psikologis untuk Narik Calon Pewujud

Bikin kampanye crowdfunding nggak cukup cuma dengan ngejelasin siapa kamu dan Kreasi apa yang mau kamu bikin. Biar berhasil, kamu juga mesti pintar-pintar mainin caramu berkomunikasi dengan para calon Pewujud. Ada banyak trik psikologis yang bisa kamu pakai biar kampanyemu nggak kelihatan garing. Berikut ini beberapa trik jitu yang bakal bantu bikin gereget kampanye kamu.

Di video, menataplah langsung ke arah kamera

Kita sudah pernah bahas kalau video yang oke bisa bantu banget mensukseskan kampanye kamu. Sewaktu bikin video, jangan lupa menatap langsung ke arah kamera ketika kamu jelasin soal Kreasimu. Cara ini bantu kamu bikin eye contact sama calon Pewujud. Tanpa eye contact, calon Pewujud akan cenderung nggak nyimak. Hasilnya, mereka pun nggak akan cukup perhatian sama penjelasanmu.

Nah, gimana caranya biar bisa tetap menatap kamera pas bikin video? Kamu bisa pakai teleprompter. Tapi ada juga cara yang lebih praktis: hafalin baik-baik script yang sudah kamu bikin. Atau kalau kamu cukup percaya diri, coba aja bicara spontan dan tampil alamiah.

Pakai sudut pandang orang kedua sewaktu ceritain Kreasi kamu

Selain eye contact, cara lain buat narik perhatian calon Pewujud dan bikin mereka nyimak adalah dengan memakai kata ganti orang kedua. Sapalah calon Pewujud dengan memasukkan kata ganti “kamu” di dalam penjelasanmu. Dengan begitu, calon Pewujud akan merasa diajak dan terlibat.

Misalnya, kamu mau bikin Kreasi film pendek. Ketimbang bilang, “Film ini bercerita soal ABC,” lebih baik bilang saja, “Di film ini, kamu bakal nyaksiin cerita ABC.” Kalau calon Pewujud sudah merasa disapa dan dilibatkan, akan lebih gampang buatmu narik simpati mereka.

Tawarkan paket Penghargaan yang variatif ke Pewujud kamu

Salah satu kunci sukses kampanye crowdfunding adalah ngumpulin dana sedikit-sedikit dari Pewujud sebanyak-banyaknya. Cara yang bisa kamu lakukan buat mencapai hal ini antara lain menyediakan level donasi yang beragam. Biar lebih efektif, masukkan juga nominal terkecil yang masuk akal.

Misalnya, bikinlah level donasi mulai dari Rp 50 ribu, Rp 100 ribu, Rp 200 ribu, Rp 500 ribu, dan seterusnya. Kalau level donasi minimal yang kamu siapin nominalnya terlalu besar, akan banyak calon Pewujud potensial yang kamu lewatkan karena mereka rasa yang kamu minta itu terlalu mahal.

Ingat, level donasi ini juga mesti kamu sesuaikan sama macam-macam Penghargaan yang kamu siapin. Intinya, makin banyak ragam nominal donasi dan Penghargaan yang kamu tawarkan, akan makin menarik pula kampanyemu bagi calon Pewujud.

Tetapkan durasi kampanye yang cukup pendek

Kamu mungkin berpikiran, durasi kampanye yang lama itu menguntungkan. Karena akan semakin banyak waktu yang kamu punya buat narik orang-orang jadi Pewujud kamu. Tapi itu nggak sepenuhnya benar, lho.

Semakin panjang durasi kampanyemu, otomatis semakin besar juga energi yang mesti kamu keluarin. Selain itu, akan semakin sulit jaga momentum. Apalagi jika kampanyemu terasa berlarut-larut. Dengan kata lain, durasi kampanye yang cukup pendek malah akan memudahkanmu buat mengorganisir kampanye, menjaga momentum, dan memelihara antusiasme para Pewujud.

Itulah tadi sebagian trik psikologis yang bisa kamu coba buat hidupin komunikasimu dengan calon Pewujud. Kini waktunya buatmu untuk mencobanya. Good luck!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s