video crowdfnding

Bikin Kampanye Crowdfunding Berhasil lewat Video

Mempromosikan kreasi crowdfunding kamu nggak cukup lewat-kata. Maksimalkan dengan video! Bikin video malah memperbesar 85% kampanye crowdfunding kamu berhasil, lho.  Sebab, media visual ini lebih mudah dicerna oleh otak manusia dibanding mereka membaca kalimat.

Tapi, gimana ya bikin video yang mengundang pewujud untuk mendukung kreasi kamu? Berikut tipsnya!

Riset, Riset dan Riset

Sama seperti saat kamu mulai untuk mempersiapkan kreasi dengan crowdfunding, begitu pula saat buat video pitching. Menurut Scott Steinberg, penulis buku The Crowdfunding Bible, coba deh kamu tonton video-video tentang pitching. Nggak cuma yang sukses aja, tapi yang gagal juga. Dari situ, kamu bisa lihat, apa perbedaan keduanya. Yuk, mulai dengan menonton video-video pitching dari kreasi yang ada di Wujudkan.

Less is More

Ingat, kamu mau buat pitch atas kreasi kamu. Lagi menurut Steinberg, durasi video yang kamu buat jangan terlalu lama, 2 menit aja cukup kok. Dan, pastikan juga di 10 detik pertama bikin orang penasaran dengan kreasi kamu. Impress them!

Show Your Product

Emang sih, kebanyakan orang ikutan crowdfunding untuk membuat kreasi, apalagi film dan event. Tapi, pasti kamu udah riset, bikin dummy atau design sementara, kan? Misal, kamu mau buat film animasi, coba tunjukin sketsa awal karakter-karakternya dalam video kamu. Jadi, calon pewujud udah punya gambaran mengenai kreasi yang akan kamu buat.

Nggak Harus Pro

Daripada buang uang untuk membuat video yang mahadasyat, mending uangnya masukin ke kantong untuk kreasi. Dalam video pitch, yang paling penting adalah pesan kreasi kamu tersampaikan dengan jelas, yaitu apa yang ingin kamu buat, mengapa dibuat, bentuk produk/dummy (jika ada), dan anggota tim kamu.  Nggak perlu pake efek-efek super canggih. Yang terpenting adalah gambar dan audionya jelas dan mudah dicerna.

Ada Call to Action

Karena pembuatan video ini untuk mengajak orang-orang membantu mewujudkan kreasi kamu, jadi pastikan ada bentuk ajakan di dalam videonya. Bagian ini bisa berupa tulisan ataupun ajakan langsung dari kamu. Jangan lupa untuk menaruh link kreasi di halaman Wujudkan yang sudah kamu buat.  Jadi, orang akan langsung tahu kemana harus mendukung.

Sekarang udah tahu kan betapa pentingnya sebuah video dalam kampanye kreasi crowdfunding? Jadi, jangan lupa masukkan video pitch dalam halaman profil kreasi kamu di Wujudukan, ya!